DBS

Beranda » Uncategorized » Jasa Marga Miliki Lampu PJU Solar Cell Terpanjang di Jalan Tol Seluruh Indonesia

Jasa Marga Miliki Lampu PJU Solar Cell Terpanjang di Jalan Tol Seluruh Indonesia

Jasa Marga Miliki Lampu PJU Solar Cell Terpanjang di Jalan Tol Seluruh Indonesia

5 Juni 2012

Sebagai pengembang dan operator jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jalan seperti memberikan bantuan penerangan atau Penerangan Jalan Umum (PJU) di gerbang tol,interchange area, maupun tol urban. Jasa Marga berinovasi dengan menerapkan PJU Solar Cell atau Tenaga Surya.

Jalan Tol Cawang-Tomang-Cengkareng sepanjang 38 km merupakan ruas jalan tol pertama yang menggunakan tenaga surya atau solar cell untuk lampu penerangan jalan umum. Jumlah tiang lampu yang kami pasang sepanjang ruas tol tersebut sebanyak 1.800 titik lampu, yang mulai digunakan pada tanggal 20 Mei 2012 lalu.

Selain itu, Jasa Marga juga sedang mengembangkan tiang PJU dengan sistem hidrolik. Uji coba akan dilakukan untuk 200 tiang PJU yang diperkirakan akan selesai pada Juli 2012. Selain itu, pada Juli 2012 akan menambah 115 titik lampu PJU LED Tenaga Surya di tepi Jalan Tol Bandara.

Sebelumnya pada tahun 2010, telah terpasang 267 unit PJU LED Tenaga Surya di ruas Tol Cipularang. Tujuannya adalah untuk menghilangkan black spot areas di sepanjang jalan tol, khususnya yang tidak memiliki jaringan listrik. Pada saat itu juga terpasang 195 unit di Jalan Tol Purbaleunyi, yang diletakkan pada interchange area yang tidak memiliki jaringan listrik.

Dengan posisi Indonesia yang terletak di ekuator, negeri ini kaya akan sinar matahari yang dapat menghasilkan energi cadangan berupa energi matahari dengan jumlah yang besar. Program ini pun berpotensi untuk mengurangi penggunaan energi listrik.

Mengapa menggunakan tenaga surya? Kebutuhan akan sumber daya yang dapat diperbaharui saat ini sudah tidak dapat dihindari lagi. Tiap bagian di dunia ikut ambil bagian untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak melalui konservasi energi, menyediakan sumber-sumber energi alternatif, dan lain-lain. Selain itu juga sebagai perwujudan dari Peraturan Pemerintah No. 70/2009 mengenai Konservasi Energi dan Instruksi Presiden  No. 13/2011 mengenai Penghematan Penggunaan Energi dan Air. Hal ini pun diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyakarat mengenai konservasi energi melalui kampanye Go Green.

Jasa Marga bersama PT Len Industri (Persero), PT Prima Layanan Nasional Enjinering/PLNE (Anak Perusahaan PLN), PT Pertamina (Persero), dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk akan membentuk perusahaan patungan untuk industri photovoltaic(panel surya). Perusahaan ini didirikan dengan tujuan untuk menjadi perintis dan pemimpin dalam industri panel surya di Indonesia, dalam rangka memperoleh peluang pasar guna memenuhi permintaan domestik maupun luar negeri pada industri panel surya atau photovoltaic.

Ke depannya, Jasa Marga akan mengganti lampu PJU konvesional yang ada dengan lampu PJU Tenaga Surya di wilayah-wilayah yang secara teknis memungkinkan sebagai bukti nyata dukungan terhadap konversi energi, dimulai dari Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Jakarta, 4 Juni 2012


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s