Pertamina Resmikan Lampu Solar Cell

MEDAN, Jaringnews.com – PT Pertamina (Persero) meresmikan penggunaan perdana lampu bertenaga surya (solar cell). Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari komitmen penghematan energi sekaligus pemanfaatan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Direktur Marketing & Trading Pertamina, Hanung Budya, mengatakan bahwa pada tahap pertama, Pertamina M&T Region I Medan, Sumatera Utara memasang sebanyak 11 Lampu Tenaga Surya di area Kantor dan Terminal BBM Medan Group. Hanung berharap, ini merupakan langkah awal yang akan diikuti oleh seluruh aset Pertamina di lingkungan M&T.
“Jika inisiatif seperti ini terus ditingkatkan di lingkungan kantor Pertamina, bukan tidak mungkin kelak seluruh kantor Pertamina menjadi green office. Inisiatif ini sangat sejalan dengan gerakan hemat energi yang dicanangkan oleh pemerintah,” terang Hanung melalui keterengan tertulisnya, Kamis (28/6).

Sementara General Manager Fuel Retail Marketing Region I, Gandhi Sriwidodo menyatakan, Region I bersyukur karena dapat menjadi pionir penggunaan lampu tenaga surya. Sebutnya, Region I juga akan berupaya mengganti seluruh lampu menjadi lampu dengan teknologi light-emitting diode (LED) yang lebih hemat energi.

“Penggunaan solar cell, menjadi bukti dari misi perusahaan sebagai perusahaan energi yang berupaya untuk memanfaatkan energi baru dan terbarukan dalam aktifitas bisnisnya,” ungkapnya.

Pertamina telah memantapkan visinya untuk menjadi World Class National Energy Companydengan salah satu agenda besarnya berupa optimalisasi pemanfaatan energi baru dan terbarukan, seperti solar cell, biofuel, dan panas bumi. Dengan peran Pertamina tersebut diharapkan target pemerintah untuk menggenjot kontribusi energi baru dan terbarukan ke dalam bauran energi sebesar 17% pada 2025 dapat tercapai.

Advertisements

One Comment Add yours

  1. YACOB LEWI says:

    Memang sudah sepantasnya PERTAMINA memulai contoh langkah pertama memakai solar energi,karena PERTAMINA adalah lambang energi untuk kebutuhan -rakyat banyak.
    Jadi menurut saya PERTAMINAlah yang harus memulai solar energi dahulu supaya masyarakat nantinya akan tahu ,bahwa PERTAMINA adalah promotor dari cara penghematan energie yang mulai dilaksanakan oleh PEMERINTAH.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s