DBS

Beranda » Uncategorized » Peninjauan dan Survey Lokasi Permohonan PLTS tenaga suryaDesa Muai Kec. Kembang Janggut

Peninjauan dan Survey Lokasi Permohonan PLTS tenaga suryaDesa Muai Kec. Kembang Janggut

energikukar.blogspot.com
Listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat sekarang ini, baik itu berupa pembangkit listrik konvensional dari PLN mapun pembangkit listrik dari energi alternatif. Dalam upaya memenuhi kebutuhan listrik masyarakat maka pihak desa menyampaikan permohonan bantuan berupa PLTS di Desa Muai Kec. Kembang Janggut Kab. Kutai Kartanegara.

setelah permohonan diterima Dinas Pertambangan dan Energi Kab. Kutai Kartanegara maka ditunjuk tim untuk melaksanakan peninjauan dan survey ke lokasi pemohon. Tim peninjau terdiri dari 2 orang  yaitu Ibu Hj. Rita Hairani,BA (Kepala Seksi Pengembangan Listrik Pedesaan) dan Iskandar (Staf Seksi Pengembangan Listrik Pedesaan dengan hasil laporan sebagai berikut :

 
  1. Desa Muai merupakan Desa baru pemekaran dari Desa Long Beleh Modang, dengan total luas wilayah 5049 ha/mserta jumlah penduduk ­+ 2300 orang.
  2.  Desa Muai  sendiri berbatasan sebelah utara dengan Desa Senyiur Kec. Muara Ancalong, Sebelah Selatan dengan Desa Perdana, Sebelah Timur Desa Kelekat dan Sebelah Barat Desa Long Beleh Modang.
  3. Lokasi Desa Muai sebetulnya persis dipinggiran sungai belayan, akan tetapi seiring dengan terjadinya abrasi perlahan penduduk mulai pindah ke darat. Saat ini data bangunan rumah penduduk serta bangunan Fasilitas Umum desa berjumlah + 300 rumah
  4. Dari peninjauan serta survey awal yang dilakukan saat ini Desa Muai terdapat jaringan listrik desa yang dibantu oleh pihak perusahaan sawit PT. Rea Kaltim, listrik desa sendiri beroperasi dari pukul 18.00 s/d Pukul 24.00 setiap malamnya, sedangkan untuk biaya operasional mesin pembangkit desa yang ada, pihak pengelola menerapkan sistem bayaran perminggu dan perbulan, yang rata – rata setiap rumah           dikenakan biaya Rp. 150.000,-.  s/d  Rp. 200.000,-
  5. Data awal yang diperoleh masih banyak kekurangan dalam hal mengoperasikan listrik desa tersebut, diantaranya beban operasional mesin genset desa yang tidak seimbang dengan biaya pemasukan pembayaran dari pengguna listrik, tidak tersedianya KWH meter disetiap rumah pengguna listrik, terkadang listrik  tidak beroperasi dikarenakan ketidak mampuan dalam hal pengadaan bahan bakar, sehingga kebutuhan akan penerangan masih menjadi hambatan bagi warga desa Muai.
  6. Setelah dilakukan survey dan peninjauan awal lokasi Desa Muai masih berpotensi dikembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terpusat dengan sistem Hybrid, akan tetapi hal ini perlu kajian lebih lanjut agar hasilnya bisa lebih tepat.
  7.  Sedangkan untuk penerangan alternatif Desa Muai juga bisa dikembangkan sistem PLTS Tersebar (Solar Home System).
  8.  Melihat dari data serta informasi pada saat peninjauan dan survey yang sudah dilaksanakan maka secara umum Permohonan Desa Muai Kec. Kembang Janggut berupa PLTS perlu ditindak lanjuti dalam upaya memberikan peneranga alternatif yang layak bagi masyarakat dalam upaya peningkatan dan pengembangan Inftrastruktur menuju masyarakat yang mandiri energy dalm pengelolaan listrik pedesaan khususnya. (iskdr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s