Pemkab Gunakan Solar Cell untuk Lampu Jalan

BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan mempergunakan solar cell atau listrik tenaga matahari untuk lampu jalan yang ada di sebagian besar jalan-jalan protokol. Langkah tersebut ditempuh dalam upaya meminimalisir pemakaian listrik yang selama ini menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD).

“Kita sudah ada rencana ke sana. Target kita bukan hanya jalan-jalan protokoler, tapi semua lampu jalan di Kabupaten Bengkalis nantinya akan mempergunakan listrik tenaga matahari, kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Bengkalis, H Suheiry Zein kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Dikatakan, untuk mematangkan program pemanfaatan solar cell tersebut, pada tahap awal ini pihaknya mulai melakukan perencanaan. Perencanaan mengacu kepada data jumlah lampu jalan yang nantinya akan digantikan oleh solar cell. Dari data tersebut, akan dibuat perhitungan kebutuhan solar cell dan dikaitkan dengan kemampuan pendanaan. Artinya, mengingat kebutuhan pembangunan solar cell ini sangat besar maka tidak akan mungkin seluruh lampu jalan bisa dibangun dalam waktu bersamaan.

Terkait dengan pembangunan solar cell menggantikan lampu jalan yang ada saat ini, Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh dalam suatu kesempatan mengatakan, latar belakang program tersebut terkait dengan makin mahalnya harga BBM. Disisi lain, kebutuhan akan listrik semakin lama semakin meningkat. Bahkan di Kabupaten Bengkalis sendiri masih ada masyarakat yang belum menikmati listrik.zul

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s