DBS

Beranda » Uncategorized » Siswa SMKN Kembangkan Lampu Solar Cell

Siswa SMKN Kembangkan Lampu Solar Cell

SURYA Online, KEDIRI – Kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) mulai awal tahun ini, membangkitkan semangat inovasi pelajar SMKN 1 Kota Kediri dengan berhasil menciptakan sistem kelistrikan tenaga surya (solar cell).

Ciptaan ini, bahkan sudah mulai digunakan oleh Pemkot Kediri untuk lampu penerangan jalan umum (LPJU). Untuk membuat satu unit LPJU solar cell, dibutuhkan dana Rp 12 juta – Rp 15 juta untuk membeli tiang penangkap tenaga surya, akumulator 12-100 AH dan tabung panel. Hasilnya, satu unit LPJU bisa menghasilkan energi listrik sebesar 100 PK ukuran Indonesia atau 700 – 900 watt. Adapun kekuatan panel solar cell ini bisa bertahan hingga 25 tahun.

Layaknya sistem solar cell lainnya, LPJU ini akan menyimpan energi matahari dengan cara diserap. Energi tersebut lantas dimasukkan ke dalam akumulator, yang diubah oleh regulator menjadi energi listrik.

Tidak hanya untuk LPJU, solar cell ini juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan tenaga listrik rumah tangga. Hanya, dibutuhkan piranti power inverter untuk mengubah energi listrik menjadi arus AC. Pasalnya, energi listrik yang dihasilkan solar cell ini berupa arus DC.

Salah satu siswa yang terlibat dalam pembuatan solar cell, Rizqi AW mengatakan, pemanfaatan tenaga surya jauh lebih ekonomis serta lebih ramah lingkungan. Apalagi solar cell juga dapat dimanfaatkan persoalan kelistrikan di daerah terpencil yang jauh dari jangkauan PLN. “Solar cell tentu lebih hemat, ekonomis dan tidak membuang sumber energi matahari yang sudah tersedia,” ujarnya.

Wakil Walikota Kediri, Abdullah Abubakar mengatakan, saat ini sudah ada tiga LPJU solar cell buatan siswa SMKN I yang terpasang di lingkungan balai kota dan rumah dinas walikota.

Diharapkan, ke depan seluruh LPJU di Kota Kediri semuanya menggunakan sistem solar cell. “Ini merupakan terobosan positif, dan harus didukung penuh oleh semua pihak, khususnya pemerintah daerah,” tandas Abdullah, Rabu (16/1/2013).

Penulis : Cornelius Vrian
Editor : Adi Agus Santoso

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s