DBS

Beranda » Uncategorized » Terbang dengan Pesawat Bertenaga Surya

Terbang dengan Pesawat Bertenaga Surya

 

Intisari-Online.com – Membayangkan terbang tanpa harus memikirkan tenaga untuk menggerakkannya? Jawabannya adalah Solar Impulse. Pesawat ultra ringan tersebut sepenuhnya ditenagai oleh matahari. Dengan kata lain, pesawat ini hanya mengandalkan panel surya dan tenaga baterai. Jadi tidak memerlukan lagi bahan bakar.

Kini pesawat tersebut siap untuk terbang dari pantai ke pantai di musim semi ini. Para peneliti mengumumkan berita tersebut pada 28 Maret lalu pada Moffett Air Field di NASA Ames Research Center, Mountain View, California, Amerika Seirkat.

Dua orang pilot asal Swiss yang menerbangkan pesawat ini, Bertrand Piccard dan Andre Borschberg, ingin menyelesaikan penerbangan dari Moffett Field ke New York City. Selama perjalanan tersebut, pesawat akan berhenti di beberapa tempat. Pesawat akan memulai perjalanannya pada 1 Mei nanti dan direncanakan akan tiba di Big Apple pada awal Juli.

Pesawat ini memiliki rentang sayap yang sama dengan pesawat jet 747, berat yang sama dengan mobil wagon serta besar tenaga yang sama dengan yang diperlukan motor jenis skuter yang kecil.

Panel surya melintas di sepanjang sayap akan memanfaatkan sinar surya yang muncul sepanjang hari. Baterai lithium-polymer akan menyimpan tenaga yang dihasilkan dari panel surya tersebut untuk digunakan pada penerbangan malam hari.

Bahan pesawat yang terbuat dari serat karbon dibentuk menyerupai struktur sarang lebah akan membentuk sebagian besar bagian pesawat. Dampak dari bahan dan struktur ini adalah sebuah pesawat yang super ringan, sehingga tenaga yang diperlukan untuk menggerakannya akan lebih kecil.

Pada 2010, pesawat Solar Impulse menyelesaikan penerbangan selama 26 jam termasuk penerbangan malam hari dan pada 2012 melakukan penerbangan dari Swis ke Maroko, tentunya tanpa sedikitpun menggunakan bahan bakar. (MNN)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s