Dubai Tanam Pohon Palem Berdaun WiFi

KompasProperti – Inovasi terus dikembangkan Dubai guna mengukuhkan kota itu sebagai ‘Smart City’. Salah inisiasi yang dilakukan yaitu dengan menciptakan ‘Smart Palm’ atau Pohon Kelapa Pintar.

Disebut pintar, lantaran pohon kelapa buah karya teknologi itu dilengkapi dengan kemampuan untuk memancarkan sinyal WiFi secara gratis, tempat pengisi daya, hingga pusat informasi bagi turis.

Seperti dikutip dari Designboom, Smart Palm kini banyak tumbuh di kawasan pantai kota tersebut.

Proyek Smart Palm dilengkapi dengan enam fungsi utama, yaitu WiFi hotspot yang dapat dimanfaatkan masyarakat dan turis ketika berada di sekitar instalasi.

Selain itu, setiap unit Smart Palm juga dilengkapi fitur keamanan darurat, dimana terdapat kamera CCTV infra merah 360 derajat dan tombol darurat yang dapat diakses langsung.

Panel surya juga diletakkan pada masing-masing daunnya, sehingga memungkinkan Smart Palm untuk mengisi daya secara otonom.

Fitur layar sentuh dan aplikasi cerdas juga disematkan untuk menyajikan informasi seputar kota cerdas, situs web khusus hingga aplikasi mobile yang dapat diakses.

Terdapat layar digital luar ruang yang berfungsi menyediakan tampilan pesan layanan masyarakat, informasi dari pemerintah, hingga iklan komersial.

Terakhir, pohon kelapa pintar itu juga dilengkapi dengan fasilitas tempat pengisian daya dan area tempat duduk. Fasilitas itu bahkan disebut dapat mengisi daya 2,5 kali lipat dari fasilitas umumnya.

Tak hanya dapat dimanfaatkan pada siang hari, di malam hari pun Smart Palm dapat dimanfaatkan turis dan masyarakat yang berada di sekitarnya.

Lampu LED berwarna hijau sengaja disematkan di atas ‘daun’, sehingga dapat bersinar terang di malam hari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s